Lenda Crocodilo

Istoria Timor-Leste
Ukun Rasik An!
Kaer Rasik Kuda-Talin

Rezistensia

Ukun Rasik An
Ai Manas Batar Nurak Kafe Morin Kulu Tasak Nu Nurak
blogger tricksblogger templates

Monday 25 August 2014

Kunjungi Timor Leste, SBY Akan Bertemu Xanana dan Taur Matan Ruak

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bersama Ibu Negara, Ani Yudhoyono, dan beberapa menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II dijadwalkan mengunjugi Dili, Timor Leste, selama tiga hari pada 25-27 Agustus 2014. Presiden SBY bersama rombongan direncanakan akan tiba pada Senin (25/8/2014) pukul 11.20 waktu setempat, di Bandar Udara Internasional Presidente Nicolau Lobato, Dili.

Presiden SBY dijadwalkan bertemu Perdana Menteri (PM) Timor Leste Xanana Gusmao dan Presiden Timor Leste Taur Matan Ruak atau Jose Maria Vasconselos.

Selain itu, selama kunjungan kerja tiga hari di Dili, Presiden SBY juga diagendakan menyaksikan penandatanganan kerja sama yang dilakukan di berbagai bidang antara Indonesia dan Republik Demokratik Timor Leste.




Selain melakukan serangkaian pertemuan resmi, seperti halnya kunjungan tahun 2012 yang lalu, Presiden SBY juga direncanakan mengunjungi Pemakaman Seroja dan Santa Cruz. Pemakaman Seroja merupakan tempat pemakaman prajurit Indonesia yang meninggal di Timor Timur.

Indonesia merupakan negara yang memiliki kedekatan secara historis dan geografis bagi Timor Leste. Bahkan, Indonesia juga memberikan dukungan bagi pencalonan Timor Leste untuk menjadi anggota ASEAN.

Timor Leste sendiri sudah secara formal memasukkan proposal untuk bergabung dengan ASEAN ketika Indonesia menjadi pimpinan ASEAN di tahun 2011.

Presiden SBY telah berkunjung tiga kali ke Timor Leste, yakni tahun 2005, 2012, dan kali ini tahun 2014. Seperti halnya tahun-tahun sebelumnya, kunjungan kali ini juga diharapkan dapat semakin memperkuat hubungan kedua negara dan kerja sama bilateral.

Presiden SBY beserta rombongan direncanakan akan mengakhiri kunjungan ke Timor Leste pada hari Rabu (27/8). Setelah itu, Presiden akan melanjutkan kunjungan kerja di Bali untuk mengikuti Sixth Global Forum United Nations Alliance of Civilization. 

http://nasional.kompas.com/read/2014/08/25/09502371/Kunjungi.Timor.Leste.SBY.Akan.Bertemu.Xanana.dan.Taur.Matan.Ruak

No comments:

Post a Comment